Permasalahan yang ada pada nelayan harus dicermati dengan penuh
kesungguhan agar dapat diidentifikasi dengan tepat. Pencermatan tidak hanya
dilakukan pada permasalahan yang tampak, tetapi juga pada permasalahan yang
tidak tampak. Kecuali itu, pendekatan dari berbagai disiplin ilmu harus dilakukan,
tidak hanya pendekatan dari bidang ekonomi, tetapi juga pendekatan sosial,
budaya, dan lain-lainnya.
Agar pemecahan masalah menghasilkan output yang ideal, setiap masalah
harus dikelompokan sesuai dengan bidangnya. Pemecahannya hendaknya
mempunyai beberapa alternatif sehingga apabila satu alternatif tidak dapat
diterapkan, alternatif lain dapat diterapkan. Dalam mencari solusi ini, hendaknya
dilibatkan semua pihak yang terkait. Dengan demikian, akan didapatkan solusi
yang paling mendekati kesempurnaan.
01. Judul yang tepat untuk bacaan di atas adalah ....
(A) Identifikasi Permasalahan Nelayan.
(B) Keunikan Permasalahan Nelayan.
(C) Permasalahan Nelayan yang amat Urgen.
(D) Permasalahan Nelayan dan Sosialnya.
(E) Pendekatan dalam Pemecahan Permasalahan Nelayan.
02. Topik alinea kedua bacaan di atas adalah ....
(A) alternatif pemecahan masalah.
(B) alternatif output yang ideal.
(C) penerapan metode pencarian solusi.
(D) penerapan berbagai disiplin ilmu.
(E) cara mencari solusi.
03. Isi ringkas alinea pertama bacaan di atas adalah ....
(A) identifikasi permasalahan nelayan memerlukan pencermatan maslah dan
pendekatan antardisiplin ilmu .
(B) permasalahan nelayan yang sulit diidentifikasi adalah permasalahan yang
tidak tampak.
(C) identifikasi permasalahan nelayan tidak boleh mengabaikan permasalahan
yang tidak tampak.
(D) pendekatan antardisiplin ilmu adalah pendekatan yang kurang tepat untuk
identifikasi permasalahan nelayan.
(E) kecermatan identifikasi permasalahan nelayan menetukan kelayakan hidup
para nelayan.
04. Pernyataan berikut sesuai dengan isi bacaan di atas, kecuali ....
(A) melalui pendekatan berbagai bidang ilmu, para nelayan akan mendapatkan
solusi yang sempurna.
(B) dengan hanya mengatasi masalah yang tampak, permasalahan nelayan
belum teratasi.
(C) dalam mengatasi masalah ekonomi para nelayan, pendekatan sosial budaya
perlu dilakukan.
(D) dalam mencari solusi berbagai persoalan para nelayan, diperlukan
pengelompokan masalah sesuai dengan bidangnya.
(E) permasalahan para nelayan perlu ditangani secara serius dengan
mengikutsertakan berbagai pihak terkait.
05. Menurut bacaan di atas untuk mengatasi permasalahan para nelayan, dilakukan
berbagai cara berikut, kecuali ....
(A) mencermati masalah yang tampak dan masalah yang tidak tampak.
(B) menggunakan pendekatan ekonomi, sosial, budaya, dan sebagainya.
(C) mengklassifikasi problema yang terjadi.
(D) mencoba berbagai pilihan pemecahan masalah.
(E) membuat solusi yang mendekati kesempurnaan.
06. Tanda koma digunakan secara benar dalam kalimat berikut, kecuali ....
(A) Jika diperlihatkan secara cermat, data penelitian ini ada dua, yaitu X dan Y.
(B) Namun perlu disadari, bahwa ego pribadi harus dikendalikan, agar tidak
merugikan orang lain.
(C) Sebenarnya ia tidak terlibat dalam kegiatan ini, tetapi ia selalu mengikutinya
dengan baik.
(D) Waloupun semua tugas sudah dikerjakan, ia tetap rajin membaca buku di
perpustakaan.
(E) Komponen sistem pembelajaran meliputi tujuan, materi, media, metode,
dan evaluasi.
07. Kepada kepolisian sektor, malimping inspektur satu Jamal membenarkan kasus
pembunuhan di Desa Sukamanah.
Penulisan jabatan, pangkat, dan tanda baca dalam kalimat di atas tidak benar.
Cara penulisan yang benar untuk kalimat di atas adalah ....
(A) Kepada Kepolisian, sektor Malimping, inspektur satu Jamal membenarkan
kasus pembunuhan di desa Sukamanah.
(B) Kepada Kepolisian, Sektor Malimping, Inspektur satu Jamal membenarkan
kasus pembunuhan di desa Sukamanah.
(C) Kepada Kepolisian, Sektor Malimping, Inspektur Satu Jamal membenarkan
kasus pembunuhan di desa Sukamanah.
(D) Kepada Kepolisian Sektor Malimping, Inspektur Satu Jamal, membenrakan
kasus pembunuhan di desa Sukamanah.
(E) Kepada Kepolisian Sektor Malimping, Inspektur Satu Jamal membenarkan
kasus pembunuhan di desa Sukamanah.
08. Bentuk kata yang dicetak miring dalam kalimat-kalimat di bawah ini baku,
kecuali ....
(A) Dukungan masyarakat sangat diperlukan untuk menyukseskan program itu.
(B) Acara itu sangat menarik dikarenakan dipersiapkan dengan baik.
(C) Banyak permukiman penduduk yang rusak akibat gempa.
(D) pemukiman para korban bencana alam berlangsung sangat cepat.
(E) Indonesia sudah dapat memproduksi barang-barang yang bermutu tinggi.
09. Lokasinya memang kurang menguntungkan, tetapi keindahannya sangat
memukau.
Arti ke-an pada kata keindahan dalam kalimat di atas terdapat juga pada kata
yang bercetak miring dalam kalimat ....
(A) Masalah kegunungapian merupakan ilmu tersendiri.
(B) Tidak menutup kemungkinan, kalou areal itu juga akan dikelola menjadi
objek wisata.
(C) Untuk memecahkan masalah itu diperlukan kearifan yang tinggi.
(D) Kehadirannya sangat diharapkan.
(E) Keberasilannya mengelola lembaga pendidikan itu menjadi pertimbangan
utama.
10. Analisisnya tentang sesuatu sangat tajam sehingga ia selalu berhasil melakukan
persiapan penanganan apa yang akan terjadi.
Istilah yang tepat untuk menamai tindakan yang terkandung dalam kalimat di
atas adalah ....
(A) antisipasi.
(B) apresiasi.
(C) akselerasi.
(D) asumsi.
(E) partisipasi.
11. 1. Para pegawai pemerintah negara tersebut mengamati adat-istiadat dan
kehidupan
sosial bangsa di daerah jajahan.
2. Para pegawai pemerintah negara tersebut berhadapan dengan bangsa di
daerah
jajahan.
3. Adat-istiadat dan kehidupan sosial bangsa di daerah jajahan itu berbeda
dengan
apa yang ada di negara asal para pegawai pemerintah.
Hasil penggabungan ketiga kalimat di atas yang sesuai dengan gagasan pokok
para pegawai pemerintah negara tersebut mengamati adat-istiadat dan
kehidupan sosial bangsa di daerah jajahan adalah ....
(A) Para pegawai pemerintah negara, dalam berhadapan dengan bangsa di
daerah jajahan, mengamati adat-istiadat dan kehidupan sosial bangsa di
daerah jajahan yang berbeda dengan apa yang ada di negara asal mereka.
(B) Para pegawai pemerintah negara yang berhadapan dengan bangsa di daerah
jajahan tersebut mengamati adata-istiadat dan kehidupan sosial bangsa di
daerah jajahan, yang berbeda dengan apa yang ada di negara asal mereka.
(C) Para pegawai pemerintah negara tersebut mengamati adat-istiadat dan
kehidupan sosial bangsa di daerah jajahan, berhadapan dengan bangsa di
daerah jajahan yang berbeda dengan apa yang ada di negara asal mereka.
(D) Berhadapan dengan bangsa di daerah jajahan, para pegawai pemerintah
negara tersebut mengamati adat-istiadat dan kehidupan sosial bangsa di
daerah jajahan yang berbeda dengan apa yang ada di negara asal mereka.
(E) Para pegawai pemerintah negara yang mengamati adat-istiadat dan
kehidupan sosial bangsa di daerah jajahan, yang berbeda dengan apa yang
ada di negara asal mereka berhadapan dengan bangsa di daerah jajahan.
12. Jalan-jalan berlubang sangat menghambat perjalanan .... saat arus lalu lintas
dari arah berlawanan juga cukup padat.
Kata yang tepat untuk melengkapi kedua peryataan di atas adalah ....
(A) bahkan (D) namun
(B) jika (E) karena
(C) apalagi
13. Susunlah ketujuh rangkaian kata berikut sehingga menjadi sebuah kalimat!
1. tulus terhadap mayarakat pendatang
2. beberapa pepatah itu
3. keterbukaan dan penerimaan
4. dan tamu yang bermaksud baik
5. menjadi falsafah keakraban
6. bahwa masyarakat di desa ini
7. yang mencerminkan.
Susunan yang benar adalah ....
(A) 6 - 7 - 2 - 5 - 3 - 1 - 4
(B) 3 - 5 - 6 - 7 - 2 - 1 - 4
(C) 3 - 5 - 2 - 7 - 6 - 1 - 4
(D) 2 - 5 - 6 - 7 - 3 - 1 - 4
(E) 6 - 1 - 4 - 5 - 2 - 7 - 3
14. Pernyataan dalam olah raga tinju adalah tidak sembarangan jagoan bisa terjun
di ring tinju, demikian pula dengan ayam aduan. Ia harus memiliki ciri dan
syarat khusus.
Pernyataan di atas mengandung maksud bahwa ....
(A) tak sembarangan ayam jagoan memiliki ciri dan syarat khusus.
(B) sembarangan ayam jagoan memiliki ciri dan syarat khusus.
(C) ayam aduan harus punya ciri dan syarat khusus.
(D) setiap ayam aduan bisa bertanding di ring.
(E) ring untuk adu ayam harus memiliki ciri dan syarakat khusus.
15. Dengan perubahan zaman telah menuntut para pendidik untuk mencari metode-
metode mengajar yang baru.
Kalimat di atas tidak baku. Kalimat tersebut dapat dijadikan baku dengan ....
(A) mengubah menuntut menjadi dituntut
(B) meletakkan para pendidik pada awal kalimat
(C) menghilangkan kata dengan
(D) menghilangkan kata telah
(E) meletakkan dengan perubahan zaman pada akhir kalimat
16. Jika setiap kelompok bertahan pada pendapatnya masing-masing, yang pasti
sidang akan menghadapi deadlock dalam pengambilan keputusan.
Kata yang tepat untuk menggantikan kata deadlock dalam kalimat tersebut
adalah ....
(A) perpecahan pendapat
(B) kegagalan.
(C) perdebatan sengit.
(D) jalan buntu.
(E) kekerasan.
17. Hubungan perbandingan terdapat dalam pernyataan ....
(A) Kubiarkan dia berlalu sampai tubuhnya lenyap dari pandanganku.
(B) Seorang bertanya kalou-kalou saya memiliki perangko Iraq.
(C) Aku akan mencintai dia sebagaimana aku mencintai diriku sendiri.
(D) Di sana nenek memiliki rumah pendopo besar.
(E) Hobi mengumpulkan perangko merupakan hobi universal.
18. Ungkapan yang dicetak miring pada kalimat berikut mempunyai makna yang
jauh dari makna kata-kata pembentukannya, kecuali ....
(A) Perkara ini harus dibawa ke meja hijau.
(B) Ia gugur sebagai kusuma bangsa.
(C) Di negara demokrasi orang bebas berunjuk gigi.
(D) Hanya sekedar untuk menghidupi keluarga ia harus membanting tulang.
(E) Piala binaraga sudah menumpuk di kamarnya.
19. Rencana anggaran merupakan hal yang sangat penting di dalam suatau
perusahaansehingga setiap usahawan harus memahami cara mencari sumber
dana. Ia juga harus mampu membuat rencana biaya oprasional secara baik,
sehingga pada suatu saat nanti dapat dipertanggung jawabkan sebagai laporan
atau bahan untuk peminjaman modal di bank.
Isi beberapa kalimat berikut sesuai dengan maksud kalimat di atas, kecuali ....
(A) Setiap usahawan harus mampu membuat rencana biaya oprasional secara
baik.
(B) Perusahaan dapat memanfatkan rencana biaya oprasional untuk peminjaman
modal di bank.
(C) Dalam rencana anggaranperusahaan, terdapat uraian tentang sumber dana
dan rencana biaya oprasional.
(D) Rencana anggaran satu perusahaan dapat dimanfatkan sebagai laporan
pertanggung jawaban.
(E) Di dalam membuat rencana anggaran perusahaan, diperlukan pemahaman
tentang cara mencari sumber dana.
20. 1. Sawah dan ladang seperti hangus ditimpa terik matahari.
2. Orang tampak berdesak-desakan menunggu giliran menimba.
3. Sumur pun banyak yang sudah tidak berair lagi.
4. Sungai yang mengalir di tengah desa kering kerontang.
4. Musim kemarau yang panjang dan kering tahun ini merupakan bencana bagi
daerah kami.
Kalimat-kalimat di atas dapat disusun menjadi alinea yang baik dengan
urutan ....
(A) 1 - 2 - 3 - 4 - 5
(B) 5 - 1 - 4 - 3 - 2
(C) 4 - 1 - 3 - 2 - 5
(D) 1 - 3 - 5 - 2 - 4
(E) 3 - 4 - 5 - 1 - 2
21. Bahasa sebagai alat komunikasi manusiawi yang otonom, tidak dapat
dimanipulasi masyarakat pemakainya. Bahasa mempunyai daya kreatif bagi
manusia. Bahasa bisa membentuk kebudayaan baru. Sebagai contoh barang kali
dapat disebut bahasa politis. Bahasa para politisi di meja perundingan dapat
mengubah wilayah kebudayaan dari mana kedua politisi muncul menjadi medan
perang kalou tidak tercapai kata sepakat.
Pikiran pokok alinea di atas adalah ....
(A) bahasa dapat menciptakan kembali manusia dan kebudayaan.
(B) bahasa dapat menimbulkan perang.
(C) bahasa tidak dapat dimanipulasi pemakainya.
(D) bahasa memiliki kuasa yang ampuh.
(E) bahasa menjadikan manusia kreatif.
22. Kalimat penutup surat resmi yang benar adalah ....
(A) Demikian harap maklum, dan terima kasih.
(B) Demikian harap menjadikan periksa dan terima kasih.
(C) Atas perhatian Saudara, kami haturkan banyak terima kasih.
(D) Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
(E) Demikian dan terima kasih kepada Saudara harap menjadikan periksa.
23. Pernyataan yang tepat diungkapkan oleh pemandu diskusi dalam membuka
diskusi tetang "Peranan bahasa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan
bangsa" adalah ....
(A) Saudara-Saudara, mari kita mulai mebicarakan masalah "peranan bahasa
Indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa".
(B) Saudara-Saudara, marilah kita mulai diskusi pagi ini dengan topik "Peranan
bahasa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa".
(C) Saudara-Saudara, marilah kita awali diskusi tentang " Perana bahasa
Indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa".
(D) Saudara-Saudara, terima kasih dan marilah kita buka diskusi tentang
"Perana bahasa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan bangsa".
(E) Saudara-Saudara, terima kasih atas kehadirannya dan segera kita mulai
diskusi tentang "Perana bahasa Indonesia dalam persatuan dan kesatuan
bangsa".
24. Karena Kasih-Mu
Engkau tentukan waktu
Sehari lima kali kita bertemu
Tema puisi di atas yang tepat adalah ....
(A) percintaan
(B) ketuhanan
(C) cinta tanah air
(D) keindahan alam
(E) kemanusian
25. Musibah Gunung Merapi merupakan contoh konkret betapa masih banyaknya
kekurangan manusia. Dalam peristiwa itu Derektorat Vulkanologi secara jelas
bisa memantau peningkatan kegiatan seismiknya sejak awal Nopember
sehingga jauh-jauh hari lembaga itu memberi tahu aparat terkait. Namun
mereka tidak bisa mentukan kapan Merapi meletus.
Pikiran utama alinea di atas adalah ....
(A) manusia mempunyai banyak kekurangan.
(B) musibah Merapi memrikan contoh.
(C) Direktorat Vulkanologi memantau kegiatan seismik.
(D) Derektorat Vulkanologi memberi tahu aparat terkait.
(E)mereka tidak tahu kapan Merapi meletus.
0 komentar:
Posting Komentar